Rabu, 05 November 2008

BARACK OBAMA MENANG KAN??

Seperti yang telah diduga oleh banyak pihak, akhirnya Obama memenangkan pemilu Presiden Amerika secara mutlak. Saingannya McCaine langsung memberikan ucapan selamat kepada Obama, suatu hal yang sangat sportif. Ucapan selamat dari rival merupakan hal yang hampir-hampir sangat susah ditemui di Indonesia. Sportivitas sangat dijunjung tinggi di negara Super Power tersebut. Di Indonesia, calon Presiden yang kalah tidak pernah mengucapkan selamat kepada pemenang, dan lebih buruk lagi, bertemu lagi pun tidak mau. Bahkan untuk menghadiri perayaan kemerdekaan secara bersama-sama pun dihindari!!!!

Ada juga pertanyaan lagi yang muncul, apakah ada pengaruh kebijakan Amerika terhadap dunia ketiga, termasuk Indonesia, dengan terpilihnya Obama. Pertanyaan tersebut wajar muncul, akan tetapi, sebenarnya hal itu tidak relevan dengan demokrasi di Amerika. Lebih relevan bagi kita adalah untuk mencontoh perilaku demokrasi yang benar-benar fair, adil, jujur dan sportif. Masalah perubahan kebijakan, itu kan urusannya mereka. Tul gak? Tapi kalau mau berdiskusi tentang itu boleh-boleh saja. Tapi jika tidak ada perubahan jangan sekali-kali mengatakan bahwa demokrasi Amerika tidak ada manfaatnya bagi Indonesia.

Bayangkan saja, Megawati mengucapkan selamat kepada SBY setelah pemilu 2004. Kemudian, tiap tanggap 17 Agustus kita melihat mantan presiden dan presiden, atau mungkin juga calon presiden yang gagal, duduk berdampingan pada waktu perayaan kemerdekaan. Wah…..indahnya…..Tapi itu hanya mimpi lho….kenyataannya, Megawati tidak mau hadir dalam pelantikan presiden SBY dan juga tidak pernah datang ke perayaan kemerdekaan 17 Agustus. Lebih parah lagi, datang ke kondangan pun tidak mau ketemu, milih-milih waktu agar tidak bertemu dengan SBY….

Di Indonesia, mendirikan partai sepertinya latah. Selain itu, banyak juga yang mempuyai motivasi lain, materi misalnya. Soalnya dengan bendera partai, maka lebih mudah menggalang dana. Sumbangan dana pemerintah untuk partai adalah sama besarnya, baik untuk partai besar maupun partai kecil. Lumayan lah… Ada lagi, yaitu sumbangan simpatisan kepada partai. Kalau partai sudah bubar, kan dana itu jadi resmi milik Ketua Partai…. He he.. ya gak mesti sich… tapi banyak yang kayak gitu.

Selamat kepada Obama, salut kepada McCaine dan juga semoga Amerika lebih baik dalam hal ekonomi dan kebijakan luar negerinya. Soalnya kalau ekonomi kalian jelek, kami Bangsa Indonesia ikut kena getahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penuangan ide dan gagasan anda yang indah dan positif dengan Bangsa Indonesia